Trading dan investasi sering dianggap sebagai hal yang serupa.

Trading dan investasi sering dianggap sebagai hal yang serupa. Padahal, itu tidak benar.

Ada beberapa hal yang mendasari perbedaan antara trading dan investasi

1. Prinsip
Dalam trading, prinsip yang dipegang adalah buy and sell. Sehingga, seorang trader akan membeli aset untuk bisa dijual lagi di masa yang akan datang.

Sedangkan, investasi memiliki prinsip buy and hold. Di mana seorang investor akan membeli aset dan menyimpan hingga tujuan investasinya terpenuhi.

2. Analisis
Fokus analisis dari trading adalah hal-hal teknikal seperti grafik, bagan, dan pergerakan di dalamnya.

Sedangkan, analisis yang dilakukan investasi lebih berfokus pada hal-hal fundamental seperti cash flow, prospek perkembangan, laporan keuangan, dan lainnya.

3. Risiko
Risiko dalam trading sangatlah besar. Hal ini karena pergerakannya yang sangat cepat dalam kegiatan jual-beli aset.

Sedangkan, risiko investasi sangat rendah karena aset yang dibeli diseleksi secara ketat oleh investor terlebih dahulu.

4. Jangka waktu
Dalam trading, jangka waktu sebuah aset dipegang oleh trader sangatlah sedikit. Bisa dalam hitungan detik hingga beberapa bulan.

Sedangkan dalam investasi, suatu aset akan dipegang oleh investor dalam jangka waktu panjang. Bisa dalam beberapa tahun hingga dekade.

5. Capital growth
Fokus capital growth dalam trading adalah untuk membuat profit jangka pendek. Jika kamu melakukan analisis dan strategi yang tepat, modalmu pun akan turut bertambah.

Sedangkan, investasi fokus untuk menambah kekayaan di jangka panjang dengan meminimalisir risiko. Seorang investor bertujuan untuk mendapatkan dividen sebagai passive income.

6. Usaha yang dilakukan
Dalam trading, seorang trader harus sering melakukan analisis untuk setiap hal yang dilakukannya.

Bahkan, membeli dan menjual aset pun harus dilakukan analisis terlebih dahulu. Sedangkan, investor akan lebih sering melakukan analisis di permulaan investasi atau saat memilih instrumen. Selain itu, investor pun akan membuat keputusan berdasarkan prospek perkembangan perusahaan.

7. Tolak ukur kesuksesan
Tolak ukur kesuksesan dalam trading adalah profit yang dihasilkan dari jual beli asetnya. Sedangkan, tolok ukur kesuksesan dalam investasi yaitu tercapainya tujuan investasi seorang investor.


Saatnya Trading sekarang bersama Victory International Futures Legalitas Aman dan Nyaman.